Home » » Membuat Bakso Kenyal & Lezat, Hindari Delapan Kesalahan Membuatnya

Membuat Bakso Kenyal & Lezat, Hindari Delapan Kesalahan Membuatnya

Written By Home1 on Jumat, 09 Mei 2014 | 20.33

tujuh Begini buat bakso yang benar (Foto:surgamakan)

MENIKMATI bakso saat musim hujan memang paling enak. Bila Anda ingin membuatnya sendiri, perhatikan setidaknya delapan hal agar bakso bisa lezat sempurna.
Berikut beberapa kesalahan paling umum yang masih banyak dilakukan saat membuat bakso, seperti dilansir Bonapettite:

Terlalu banyak garam
Garam dibutuhkan dalam memasak demi menghasilkan rasa masakan yang gurih. Namun, saat membuat bakso maka cukup berikan garam secukupnya. Jika menggunakan keju, maka pemakaian garam dikurangi. Bisa juga Anda tidak menggunakan garam karena hasilnya akan terlalu asin.

Salah pilih bahan herbal
Bahan makanan satu ini akan membuat bakso lebih enak. Tanpa bahan ini, bakso akan terasa seperti burger. Jangan gunakan bahan herbal seperti peterseli maupun kemangi, tapi campurkan dengan bahan-bahan seperti mint, oregano, serta sedikit pala. Bahan-bahan ini akan memberikan rasa yang halus ketika bakso dimakan.

Kebanyakan telur
Telur bukan berfungsi memberikan kelembaban, tapi sebagai pengikat bahan-bahan lainnya, seperti daging, keju, serta rempah-rempah. Telur akan membuat bakso padat dan kenyal. Untuk satu kilogram daging, biasanya membutuhkan tidak lebih dari satu atau dua butir telur. Pastikan pula tidak terlalu banyak menggunakan remah roti.

Tanpa sentuhan tangan
Ketika sudah tercampur bersama, maka pastikan untuk menempatkan semua bahan ke dalam mangkuk dan gunakan tangan untuk mencampurnya. Sentuhan tangan akan membuat semua bahan tercampur rata tanpa merusak dagingnya.

Ukuran tidak sama
Dalam membuat bakso, maka proses membentuk bakso haruslah sama. Pertimbangkan bila bakso akan disantap anak-anak, Anda bisa membuatnya dalam ukuran lebih kecil dari biasanya.

Tidak ada minyak di tangan
Jika tangan terasa kering saat membentuk bakso, maka membuat campuran daging akan sulit bergulir. Agar tidak kering, maka berikan minyak pada tangan Anda.

Wadah kotor
Membuat bakso, maka usahakan semua bahan serta wadah yang dipakai haruslah bersih, terutama saat mencampurkannya. Taruhlah bakso yang sudah dibentuk ke dalam baki supaya tidak berantakan.

Langsung direbus
Biasanya adonan bakso yang sudah jadi Anda langsung direbus. Sebaiknya sebelum direbus, bakso dipanaskan dahulu dengan cara di-sear. Cara ini akan membentuk bakso jadi lebih bagus kemudian rebus baksonya. Lakukan perebusan selama 15 sampai 20 menit hingga bakso siap dikonsumsi.(ftr)

Sumber : Johan Sompotan - Okezone

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Kuliner Top Kuliner - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger